COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Imang Firmansyah Program Pascasarjana STIA YPPT Priatim Tasikmalaya
  • Rustandi Program Pascasarjana STIA YPPT Priatim Tasikmalaya
  • Basuki Rahmat Program Pascasarjana STIA YPPT Priatim Tasikmalaya

Keywords:

Collaborative Governance dan Pengelolaan Sampah.

Abstract

Pengelolaan sampah merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh kota-kota di seluruh dunia, termasuk Pemerintah Kota Tasikmalaya. Dengan pertumbuhan populasi yang pesat dan urbanisasi yang terus berlanjut, masalah sampah semakin kompleks dan memerlukan pendekatan yang komprehensif dan kolaboratif untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Collaborative Governance dengan pendekatan yang melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, sektor swasta, masyarakat sipil, dan kelompok-kelompok masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan program pengelolaan sampah masih belum berjalan dengan baik dalam mengatasi masalah sampah di Kota Tasikmalaya. Kesimpulan dari penelitian ini dalam konteks pengelolaan sampah, collaborative governance dapat menjadi solusi yang lebih berkelanjutan dan efektif karena melibatkan berbagai kepentingan yang beragam.

References

Primus Mukus, Amaliatulwalidain Amaliatulwalidain, M Qur’anul Kariem. (2023). Strategi Collaborative Governance Pemerintah Desa Tulung Selapan Timur dalam Pengelolaan Sampah di Kecamatan Tulung Selapan Tahun 2022. Jurnal Pemerintahan dan Politik.

Gash, & Ansell. (2007). Collaborative Governance in Theory and Practice. Oxford Unversity Press.

Idris, Dian Herdiana, Iqbal Miftakhul Mujtahid. (2022). Collaborative Governance Dalam Pengelolaan Sampah Di Wilayah Kecamatan Pulau Tiga Barat Kabupaten Natuna. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index.

Noor, M., Suaedi, F., & Mardiyanta, A. (2022). COLLABORATIVE GOVERNANCE (Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktik). BILDUNG.

Subarsono, A. G. (2005). Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Firmansyah, I. ., Rustandi, & Rahmat, B. . (2023). COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA TASIKMALAYA. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 3(4), 50–55. Retrieved from http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/106

Issue

Section

Articles