IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG PAJAK DAERAH DI KOTA TASIKMALAYA (Studi Kasus Tentang Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Tasikmalaya)

Authors

  • Didah Robaitul Adawiah STIA YPPT Priatim Tasikmalaya

Keywords:

Implementasi kebijakan dan Pajak Bumi dan Bangunan

Abstract

Pembangunan setiap negara masih mengandalkan anggaran dari pemungutan pajak, sehingga pajak masih menjadi sumber utama dalam melaksanaan pembangunan sebuah negara, termasuk Indonesia. Pajak yang dipungut oleh Pemerintah memiliki berbagai bentuk dan jenis, termasuk diantaranya pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan. Penelitian dilakukan dengan tujuan menganalisis implementasi kebijakan terkait dengan pajak daerah, khususnya mengenai pemungutan PBB Perkotaan di Kota Tasikmalaya. Penelitian menggunakkan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, dengan teknik analisis data melalui reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan tentang pajak daerah terkait dengan PBB Perkotaan di Kota Tasikmalaya masih belum efektif, dimana faktor komunikasi masih menjadi hambatan dalam mencapai target, disamping kurangnya kemampuan petugas lapangan untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

References

Arifuddin. 2019. Implementasi Kebijakan Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan. Program Magister Universitas Brawijaya, Indonesia.

Ida Bagus Made Mulyarsa. 2022. Implementasi Kebijakan Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Gianyar. Program Magister Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Ngurah Rai.

Rusli, Budiman. 2015. Kebijakan Publik Membangun Pelayanan Publik yang Responsif. Cimahi: Hakim Publishing.

Wahab Abdul, Solichin. 2008. Analisis Kebijaksaan dari formulasi ke implementasi kebijaksanaan negara. Jakarta : Bumi Aksara.

Waluyo. 2013. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Adawiah , D. R. . (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG PAJAK DAERAH DI KOTA TASIKMALAYA (Studi Kasus Tentang Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Tasikmalaya). Indonesian Journal Of Education and Humanity, 3(3), 8–14. Retrieved from http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/98

Issue

Section

Articles